Sabtu, 03 Januari 2015

Perkembangan Masyarakat Indonesia Pada Masa Reformasi


1.      Krisis Ekonomi
Krisis ekonomi ini bermula dari merosotnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing per 1 Agustus 1997. Krisis ekonomi Indonesia diawali dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap nilai dollar Amerika Serikat.
Krisis ekonomi yang melanda Indonesia tidak dapat dipisahkan lagi dari berbagai kondisi seperti hutang luar negeri Indonesia yang sangat besar.
Hancurnya perekonomian di Indonesia disebabkan fondasi perekonomian yang diterapkan pada masa orede baru ini berdasarkan pada ekonomi pasar yang semu dan rapuh dengan didukung oleh para konglomerat atau pemodal.

Pada masa orde baru, perekonomian lebih memberikan keuntungan bagi kaum modal atau konglomerat. Hal ini merupakan wujud dari praktik-praktik KKN yang mengakibatkan rakyat semakin miskin dan tidak berdaya. Kondisi tersebut kemudian memunculkan konsep masyarakat madani.
Akibat dari krisis ekonomi antara lain sebagai berikut:
a.       Kurs rupiah terhadap dollar Amerika melemah pada tanggal 1 Agustus 1997.
b.      Pemerintah melikuidasi 16 bank bermasalah pada tahun 1997.
c.       Pemerintah membentuk badan penyehatan perbankan Basional (BPPN) yang mengawasi 40 bank bermasalah lainnya.
d.      Kepercayaan Internasional terhadap Indonesia menurun.
e.       Perusahaan milik swasta dan negara banyak yang tidak dapat membayar hutang luar negeri yang akan dan telahjatuh tempo.
f.       Angka pemutusan hubungan kerja meningkat karena banyak perusahaan yang melakukan efisiensi/menghentikan kegiatan sama sekali.
g.      Persediaan barang nasional, khususnya sembilan bahan pokok di pasaran mulai menipis pada tahun 1997.
Badai krisis moneter melanda Indonesia pada tahun 1997. Akibat krisis moneter banyak dilakukan pemutusan hubungan kerja karena banyaknya perusahaan yang tidak bisa melanjutkan usahanya. Sehingga tingkat pengangguran meningkat drastis. Jumlah penduduk miskin terus bertambah karena akibat krisis ekonomi terjadi penurunan daya beli masyarakat korban PHK.
Pemerintah membentuk tim ekonomi guna membicarakan hutang-hutang swasta yang telah jatuh tempo.