Minggu, 24 Mei 2015

Tugas Tikom Perangkat Komputer dan Fungsinya



PRINTER
Pengertian dan Fungsi Printer Komputer - Munculnya perangkat keras bernamakan printer di dunia teknologi memang sudah menghadirkan banyak manfaat. Perangkat mesin ketik yang sejak ratusan tahun lalu hadir pun telah tersisih. Lantaran kecanggihan perangkat printer yang memiliki fungsi sebagaimana manusia-manusia dunia saat ini inginkan. Adalah mencetak suatu dokumen untuk kepentingan pribadi maupun banyak orang. Mulai dari teks, gambar, serta gabungan teks dan gambar.

Selain berfungsi untuk mencetak suatu dokumen, printer juga memiliki fungsi lain yang telah diadopsi dari teknologi lainnya. Sebut saja fungsi menggandakan dokumen (prinsip dan fungsi mesin fotocopy), fungsi memindai (scanning), serta fungsi mengirim data (mesin fax). Pada awalnya printer hanyalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mencetak dokumen yang menampilkan data berupa teks, gambar, serta grafik dalam lembaran kertas. Namun berkat perkembangan teknologi yang cukup pesat, fungsi alat-alat lain pun bisa diadopsi.

Pengertian Printer Komputer
Printer adalah perangkat keras (hardware) dimana perangkat itu akan bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan perangkat komputer, yang bisa digunakan untuk keperluan mencetak tulisan, gambar, dan grafik ke dalam bentuk kertas atau sejenisnya. Printer itu sendiri saat ini sering digunakan untuk mencetak dokumen penting baik itu perusahaan ataupun organisasi sekolah dan lain sebagainya. Dengan demikian, kehadiran printer tentu saja sangat membantu keseharian para pekerja kantoran dan pelajar serta masyarakat lainnya yang memiliki keperluan mencetak suatu dokumen penting.
Fungsi Printer Komputer
Fungsi printer adalah untuk mencetak tulisan, gambar, grafik, dan data lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenisnya. Adapun istilah resolusi pada printer itu sendiri, yaitu dpi atau singkatan dari dot per inch. Maksud dari istilah tersebut adalah banyaknya jumlah titik dalam area yang memiliki luas 1 inci. Apabila semakin besar resolusi printer, maka bisa dipastikan hasil cetakan juga akan semakin bagus. Dan sebaliknya, apabila resolusi printer yang diusungnya terbilang kecil, maka hasil cetakan pun juga tidak terlalu bagus.



MONITOR

Apakah fungsi monitor pada komputer? Sebuah monitor komputer adalah perangkat keras komputer yang bertugas menampilkan video yang menunjukkan output dari kontroler grafis (video card) Monitor itu sendiri tidak menghasilkan gambar secara mandiri untuk ditampilkan.Gambar-gambar ini secara elektronik dibuat oleh kartu video terbaik yang terinstal di dalam unit sistem komputer anda.
Resolusi monitor merujuk pada ukuran gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor dan diukur dalam pixel, dan 1 pixel adalah satu titik pada layar monitor Anda. Semakin tinggi resolusinya, makin tajam outputnya. Gambar yang baik memungkinkan Anda menampilkan elemen lebih kecil pada layar monitor. Resolusi dinyatakan dalam jumlah piksel, baik dalam arah horisontal dan vertikal seperti 800, X 600, 1024×768, dll
Jenis-jenis Monitor Komputer
Ada dua jenis monitor komputer yang dikenal saat ini yaitu LCD dan CRT. LCD (Liquid Crystal Display)
LCD / Flat-panel monitor adalah perangkat digital yang menggunakan teknologi kristal cair backlit untuk menghasilkan gambar pada layar plastik transparan layar datar. Kelebihan LCD monitor yaitu banyak digemari saat ini untuk menghemat listrik. Hemat ruang, memiliki kualitas gambar yang lebih tajam, dan terlihat benar-benar modern.
Monitor Komputer: CRT (Cathode Ray Tube)
Monitor CRT adalah perangkat analog yang menggunakan aliran terus-menerus elektron untuk membuat gambar pada layar Itu berarti bahwa kartu grafis Anda harus mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog agar gambar pada monitor CRT dapat mengerti.
Merek Monitor:
Ada cukup banyak merek yang tersedia di pasar dengan ukuran yang berbeda dan warna monitor komputer itu sendiri. Anda mungkin mengenal monitor; Samsung, BenQ, ViewSonic, LG, Dell, Acer, NEC, Philips, Gateway, dll.
Ukuran Layar Monitor
Cara mengukur ukuran monitor adalah dengan mengukur dari ujung ke ujung layar secara diagonal. Layar monitor yang lebih besar memungkinkan Anda untuk memperluas ukuran teks dan gambar untuk membuat mereka lebih mudah dibaca, dan jelas.. Namun, semakin besar ukuran monitor, juga akan lebih mahal.
Berikut ini adalah ukuran monitor khas tersedia: 14 “, 15″, 17 “, 19″, 20 “, 21″, 22 “, 24″, (atau mungkin sudah ada yang terbaru)
apa bedanya antara layar CRT dengan LCD?
Kelebihan Monitor LCD
  1. Flat-panel monitor beratnya cukup ringan dan mengambil tempat yang jauh lebih sedikit dibandingkan CRT.
  2. Gambar pada layar LCD lebih tajam dan lebih terang dari CRT.
  3. Layar LCD tidak berkedip.
  4. Menggunakan monitor LCD tidak melelahkan mata.
  5. LCD monitor lebih hemat energi, sehingga biaya operasi yang lebih rendah.

Kerugian Monitor LCD
  1. Cepat-gambar bergerak pada LCD dapat menjadi smear.
  2. Harga monitor LCD lebih mahal daripada CRT pada posisi kualitas yang sebanding.
  3. Gambar monitor LCD hanya menampilkan hasil resolusi terbaik pada resolusi tertentu, lebih dari itu akan kurang jelas
Kelebihan Monitor CRT
  1. monitor CRT lebih murah.
  2. Warna mendalam dan waktu respon yang lebih baik, sehingga game, film DVD, dan acara TV mungkin terlihat lebih baik pada CRT (tapi LCD sudah mulai mengejar).
  3. Sebuah CRT terlihat baik dari semua sudut pandang dibanding LCD.
  4. CRT akurat dapat menampilkan beberapa resolusi dan refresh rate.

CPU



Dalam bahasa inggris : Central Processing Unit; (CPU), yaitu perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, pemroses/prosesor (processor), sering digunakan untuk menyebut CPU. CPU  merupakan komponen terpenting  dari  sistem  komputer. Tanpa CPU komputer tidak akan berfungsi dengan semestinya. Fungsi CPU itu sendiri adalah menjalankan program – program yang disimpan dalam memori utama dengan cara  mengambil  instruksi  – instruksi, menguji  instruksi  tersebut  dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah. Untuk memahami fungsi CPU dan caranya berinteraksi dengan komponen lain, perlu kita tinjau lebih jauh proses eksekusi program. Pandangan paling sederhana proses eksekusi program adalah dengan mengambil  pengolahan instruksi  yang  terdiri  dari  dua  langkah, yaitu :  operasi pembacaan instruksi  (fetch)  dan operasi  pelaksanaan instruksi  (execute). Siklus  instruksi  yang terdiri dari siklus fetch dan siklus eksekusi diperlihatkan pada gambar  siklus intruksi dasar berikut.

Demikianlah Ulasan tentang Pengertian dan Fungsi CPU, apabila ada kesalahan kalimat atau kata tentang pengertian dan Fungsi CPU pembaca dapat memberi saran lewat koment, sehingga penulisan kedepannya bisa lebih baik lagi… Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat..


KEYBOARD


Fungsi Keyboard Komputer dan Pengertian Keyboard

Thursday, September 25th 2014. | Komputer
Fungsi keyboard serta pengertiannya menjadi topik pembahasan kita pada hari ini. Keyboard merupakan salah satu perangkat keras komputer dengan berbagai macam tombol yang masing-masing fungsinya berbeda. Setiap tombol akan mengeluarkan output yang berbeda bergantung pada apa yang kita tekan.
Tanpa adanya keyboard, komputer seperti tidak menghasilkan apa-apa karena alat perintah yang teramat vital adalah keyboard. Menggunakan keyboard, sebuah komputer mampu menghasilkan dokumen yang kemudian dicetak melalui printer. Berbagai dokumen yang Anda lihat sekarang ini, misalnya buku, makalah, karya tulis, dan berbagai macam blog di dunia internet, semuanya dihasilkan menggunakan bantuan alat ketik tersebut. Jadi, sudah tahu bukan seberapa besar pengaruh atau manfaatnya di dalam kehidupan kita sehari-hari?

Penciptaan keyboard sendiri dimulai dengan penciptaan mesin ketik. Rancangan mesin ketik didesain serta dibuat oleh Christopher Latham di tahun 1868. Kemudian, perusahaan yang bernama Remington mulai banyak memasarkan produk tersebut pada tahun 1877. Setelah mesin ketik menyebar secara luas, dimulailah penciptaan keyboard komputer pertama kali. Papan ketik pertama kali tersebut mempunyai desain penyesuaian kartu pelubang kemudian dihubungkan melalui teknologi pengiriman tulisan jarak jauh.
Fungsi Keyboard Dilihat Dari Varian Tombol
Keyboard, mempunyai fungsi utama sebagai alat ketik, sesuai dengan namanya yaitu papan ketik. Keyboard bertugas untuk menampilkan angka, huruf, dan simbol pada layar monitor komputer Anda yang kemudian dicetak menjadi dokumen atau memang sengaja dibuat sebagai data digital di komputer.
Keyboard pada dasarnya tidak selalu mengeluarkan output berupa angka, huruf, dan simbol. Beberapa tombol memang didesain untuk berfungsi sebagai suatu perintah. Sebagai contoh, ada tombol escape yang berfungsi untuk keluar dari aplikasi atau program yang sedang Anda jalankan. Kemudian ada pula tombol F5 yang bertugas melakukan refresh terhadap komputer Anda. Setelah itu ada pula fungsi keyboard sebagai navigasi dimana Anda harus menekan tanda panah, page up, dan page down.
Perangkat ini bisa menjalankan perintah tertentu melalui kombinasi penekanan tombol. Sehingga, Anda tidak harus menggunakan mouse untuk menjalankan perintah tersebut. Beberapa contoh dari penggunaan kombinasi tombol pada keyboard antara lain adalah menekan tombol CTRL + N yang tujuannya untuk membuka jendela baru pada aplikasi yang sedang Anda jalankan.

MOUSE



Pengertian mouse dan Fungsi Mouse Pengertian Mouse adalah hardware yang dihubungkan ke komputer baik wire (kabel) atau secara wireless (tanpa kabel). Perangkat ini dinamakan mouse karena pada waktu itu piranti ini berbentuk seperti tikus. Disamping itu, kabel yang tersambung dengan mouse yang terhubung dengan komputer bentuknya seperti ekor tikus.
Dan Sebagai tambahan referensi untuk menambah pengetahuan kita, komputer yang pertama kali dijual satu paket dengan mouse adalah komputer jenis Xerox Star yang luncur pada tahun 1981.
Meskipun pada saat ini perangkat keras mouse sudah banyak digantikan dengan touchpad yang mengambil alih semua fungsi dari perangkat mouse sudah bisa dilakukan oleh touchpad , namun tidak dapat dipungkira para pengguna komputer masih tetap memilih mouse sebagai penggerak dari kursornya.

Berikut Beberap Fungsi Mouse :

  1. Menginput perintah untuk komputer dimana cara kerja mouse adalah dengan cara mouse digeserkan pada permukaan data yang datar.
  2. Digunakan sebagai penggerak pointer untuk menentukan kursor ke layar monitor tertentu.
  3. Digunakan untuk beberapa kegiatan seperti: double klik (membuka file), klik tahan dan geser ,klik (memilih item), drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah.
  4. Digunakan untuk melakukan scrolling pada layar dengan menggunakan roda scroll yang ada pada mouse.
  5. Mendeteksi beberapa gerakan 2D secara relatif ke posisinya yang sekarang.
  6. Membuat pekerjaan kita menjadi lebih ringan,mudah dan cepat. khususnya untuk kita yang mempunyai aktifitas seperti mengedit foto dan lain lain.
  7. Digunakan untuk Memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja.
  8. Mengaktifkan tombol perintah dan melakukan suatu ekskusi tertentu pada aplikasi
  9. Digunakan Untuk melakukan perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse jika diklik 2x berfungsi sebagai tombol enter pada perintah eksekusi
  10. Mouse juga digunakan sebagai pengaturan & perbesaran tampilan sebuah objek
  11. Mouse juga digunakan untuk melakukan intruksi dan konversi ke sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh sistem komputer
Demikian postingan Artikel terkait mengenai Pengertian mouse dan Fungsi Mouse Semoga membantu dan menjadi pembelajaran tersendiri untuk para pembaca dan menambah pengetahuan kita semua tentang pengertian mouse dan fungsi fungsi dasar yang bisa dilakukan oleh mouse.