Minggu, 18 Oktober 2015

Jembatan Tianmen Skywalk Paling Ekstrem Di Dunia

Tianmen Skywalk, Jembatan kaca gantung sepanjang 180 meter di ketinggian 300 meter, yang terletak Pegunungan Shinuizhai di Pingjang, Provinsi Hunan, China, kembali dibuka setelah direnovasi, Jembatan Haohan Qiao ini resmi dibuka pekan lalu dan merupakan jembatan dengan lantai kaca pertama di dunia. Jembatan ini dioperasikan bertepatan dengan Golden Week, yakni pekan pariwisata. Golden Week dimulai pada 1 Oktober bersamaan dengan Hari Kemerdekaan China.
Meskipun penampilannya memancing adrenalin karena tampak mengerikan, perancangnya mengatakan jembatan di Shiniuzhai National Geological Park ini, benar-benar aman. Setiap panel kaca memiliki tebal 24 milimeter dan 25 kali lebih kuat dari kaca biasa.

"Jembatan yang dibangun ini akan berdiri teguh bahkan jika wisatawan melompat di atasnya," kata seorang pekerja yang terlibat pembangunan jembatan ini kepada China News Service.

Rangka baja yang digunakan untuk mendukung dan membalut jembatan kaca juga sangat kuat dan padat. Pekerja meyakinkan, bahkan jika kaca pecah, wisatawan tidak akan jatuh. Haohan Qiao awalnya adalah jembatan kayu sebelum pengelola taman mengganti sebagian kecil dengan kaca pada tahun 2014. Pengelola pun memutuskan untuk meningkatkan sensasi dengan membenahi seluruh jembatan layang pada awal tahun ini. Jembatan kaca gantung ini menjadi yang pertama di China.