HAKIKAT NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA


HAKIKAT NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA

DI SUSUN OLEH              : PUTRI LUSI HANDAYANI
NIK/NISN                           : 7323/0012972797
KELAS                               : XII IIS 1
KELOMPOK                     : III


SEMESTER GENAP
MAN 1 OKU
TAHUN AJARAN 2019




HAKIKAT NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA

A.    PENDAHULUAN
      Indonesia merupakan negara yangg kaya akan keberagaman suku, budaya, serta agama. Hal ini adalah anugrah Tuhan Yang Maha Kuasa yang patut kita syukuri. Mensyukuri apa yang kita miliki berarti berarti menghargai dan menjaganya dari berbagai hal yang dapat mengancam. Melalui prinsip bhennika tunggal ika, bangsa indonesia wajib menjauhkan diri dari sikap-sikap mementingkan kelompok sendiri, sukuisme, dan fanatisme yang berlebihan sehingga dapat terhindar dari perpecahan bangsa. Berbagai cara dapat dilakukan untuk dapat mempertahankan persatuan bangsa dan negara republik indonesia.
      Kesatuan dan persatuan merupakan senjata yang paling ampuh dalam berbangsa dan bernegara. NKRI adalah negara yang dibentuk berdasarkan semangat kebangsaan (nasionalisme), yaitu tekad warga negara indonesia untuk membangun dan memajukan masa depan bangsa walaupun berbeda ras, agama, budaya, suku, serta adat istiadat. Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945 setelah melalui begitu banyak halangan dan rintangan, maka para pejuang bangsa indonesia mulai menata kehidupan berbangsa dan bernegara dengan menyusun nilai persatuan dan kesatuan.
        Keutuhan bangsa dan negara indonesia harus tetap dijaga secara utuh. Dengan adanya Pancasila, seluruh rakyat indonesia yang berasal dari beragam latar belakang kebudayaan, adat istiadat, suku, ras, dan bahasa dapat dipersatukan.
        Dalam makalah ini saya membahas tentang NKRI (negara kesatuan republik indonesia) secara luas untuk membangun dan menambah wawasan dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita, walaupun masih terdapat banyak kekurangan.

B.           PERMASALAHAN

1.      Apa yang dimaksud dengan NKRI ?
2.      Apa yang dimaksud dengan persatuan dan kesatuan ?
3.      Bagaimana negara kesatuan republik indonesia ?
4.      Bagaimana cara menghidupkan semangat persatuan dan kesatuan di Indonesia ?

C.    PEMBAHASAN

Pengertian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

      Negara NKRI adalah negara yang memiliki rasa kesatuan dalam hidup bermasyarakat, saling bersatu sebagai sesama masyarakat dalam satu negara. Negara kesatuan adalah negara kesatuan adalah negara merdeka dan berdaulat yang dipemerintahannya diatur oleh pemerintah pusat NKRI. Negara yang dibentuk berdasarkan semangat kebangsaan dan tekad masyarakat untuk membangun negara.
      Untuk mencapai persatuan hingga diproklamasikannya kemerdekan bukanlah hal yang mudah dilakukan. Persatuan dan kemerdekaan negara indonesia dapat dicapai karena rahmat Tuhan Yang Maha Esa dan persatuan rakyat indonesia.
      Hakikat adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Hakikat memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga hakikatdapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Terdapat dalam pembukaan undang-undang dasar 1945 alinea keempat yaitu “kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu pemerintahan yang melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial ...”.
Dari rumusan tersebut, tersirat adanya tujuan nasional/negara yang ingin dicapai sekaligus merupakan tugas yang harus dilaksanakan oleh negara, yaitu:
a.       Melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumah darah indonesia.
b.      Memajukan kesejahteraan umum.
c.       Mencedaskan kehidupan bangsa.
d.      Ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Makna Persatuan Dan Kesatuan

      Untuk memahami makna persatuan dan kesatuan bangsa indonesia, anda harus mengerti arti persatuan dan kesatuan. Persatuan dan kesatuan berasal dari kata satu, yang berarti utuh atau tidak terpecah belah. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi keempat, persatuan adalah gabungan (ikatan, kumpulan, dan sebagainya) beberapa bagian yang sudah bersatu, perserikatan, serikat. Pengertian kesatuan berarti perihal satu, keesaan, sifat tunggal, satuan. Adapun bangsa indonesia adalah suku bangsa yang menghuni wilayang indonesia dai Sabang sampai Merauke.
      Jadi, persatuan dan kesatuan bangsa indonesia dapat diartikan bersatunya berbagai bangsa dengan yang memiliki perbedaan suku, bahasa, maupun adat istiadat yang mendiami wilayah indonesia menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.

Prinsip-Prinsip  Persatuan Dan Kesatuan Bangsa

a)      Bhinneka tunggal ika
Bhinneka tunggal ika bermakna bahwa indonesia sebagai bangsa terdiri atas berbagai suku, bangsa, bahasa, agama, dan adat istiadat. Tetapi tetap bersati dalam negara kesatuan republik indonesia.

b)      Nasionalisme
Nasionalisme adalah paham yang meletakkan kesetian tertinggi individu yang harus diberikan kepada negara dan bangsa. Nasionalisme bertujuan agar indiidu sebagai warga negara memiliki suatu sikap/ perbuatan untuk mencurahan segala tenaga dan pikiranya demi kemajuan, kehormatan, dan tegaknya kedaulatan bangsa dan negara.
c)      Kebebasan yang bertanggung jawab
Bangsa indonesia adalah bangsa yang majemuk. Setiap individu di indonesia memiliki kepentingan, keinginan, dan tujuan yang berbeda. Setiap individu memilki kebebasan untuk menentukan kepentingan dan tujuannya serta melakukan kegiatan yang dianggap penting. Namun, dalam menentukan tujuan dan melaksana kegiatannya, individu diatasi oleh etika dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Hal ini adalah bentuk dai rasa tanggung jawab sehingga kehidupan bermasyarakat akan tetap harmonis.
d)       Wawasan nusantara
Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa indonesia tentang diri dan lingkungannya berdasarkan pancasila dan UUD 1945. dengan mengutamakan persatuan daan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa indonesia
·         Faktor-faktor pendorong persatuan dan kesatuan bangsa indonesia
1.      Bangsa indonesia memiliki pancasila sebagai dasar negara.
2.      Sumpah pemuda
3.      Semboyan bhennika tunggal ika sangat penting bagi negara indonesia yang memiliki beragam suku, budaya, bahasa, maupun agama.
·         Faktor-faktor penghambat persatuan dan kesatuan bangsa indonesia
1.      Keberagaman masyarakat indonesia.
2.      Indonesia memiliki wilayah yang luas dengan ribuan pulau
3.      Ketidakpuasaan terhadap ketimpangan ekonomi dan tidak meratanya pembangunan ekonomi.
Tindakkan yang menunjukan sikap menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia
1.      Menghargai dan menghormati pemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda
2.      Menghargai dan menghormati berbagai etnis
3.      Menghargai dan menghormati budaya suku lain
4.      Menggunakan bahasa indonesia dalam berhubungan dan berkomunikasi dengan suku bangsa lain.
5.      Melakukan kegiatan bakti sosial bersama tanpa membeda-bedakan suku bangsa.

KESIMPULAN
            Kita telah ketahui bersam bahwa bangsa indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak ragam budaya yang berbeda-beda dari setiap suku daerah yang berbeda pula. Perbedaanitu sendiri justru memberikan kontribusi yang cukup besar pada citra bangsa indonesia. Kebudayaan dari setiap suku-suku daeah inilah yang menjadi penyokong dari terciptanya budaya nasional indonesia.
            Dinamika NKRI, mengharuskan seluruh potesi bangsa untuk bertekad mempertahankan keutuhan NKRI, dari berbagai amcaman dan gangguan yang membahayakan eksistensi NKRI sebagai negara yang berdaulat.



DAFTAR PUSTAKA


Kardiman, yuyus, dkk. 2013. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Lubis, Yusnawan dan Mohamad sodeli. 2018. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Pasha, Musthafa Kamal. 2002. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Citra Karsa mandiri.
Affandi, Idrus dan Karim Suryadi. 2008. Hak asasi Manusia. Jakarta: universitas terbuka



















SOAL DAN JAWABAN PILIHAN GANDA

1.      Dampak tidak adanya persatuan dan kesatuan dalam ehidupan berbangsa dan bernegara adalah...
A.    Menimbulkan kesan buruk terhadap suatu negara
B.     Mempermudah jalanya pemerintahan
C.     Mempermudah tujuan bangsa
D.    Menimbulkan perpecahan dalam suatu bangsa dan negara
E.     Menimbulkan rasa aman bagi warga negara
2.      Sikap sebagai pernyataan rasa cinta terhadap persatuan dan kesatuan dalam hidup bermusyawarah dapat diwujudkan dengan cara...
A.    Dapat menyesuaikan diri dalam pergaulan
B.     Bergaul dengan siapa pun tanpa curiga
C.     Selalu berbuat kebaikan kepada sesama
D.    Gotong royong membuat gedung balai desa
E.     Menolong orang yang sedang kesususahan agar diberi imbalan
3.      Upaya membina persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari antar lain...
A.    Mengendalikan sikap dan tuturkata
B.     Selalu menerima pendapat orang lain
C.     Menerima masukan
D.    Memelihara diri terhadap pengaruh asing
E.     Bersikap rendah diri dalam pergaulan
4.      Sikap yang dapat merusak pesatuan dan kesatuan adalah...
A.    Semangat nasionalisme
B.     mementingkan kepentingan pribadi diatas kepentingan umum
C.     gotong royong
D.    rela berkorban
E.     menghargai sesama walaupun beda agama, suku, ras dan budaya
5.      cara untuk menghargai keragaman suku disekitar kita adalah dengan...
A.    menjadi yang lebih baik
B.     menonjolkan kelebihan suku sendiri
C.    hidup berdampingan dengan rukun dengan cara menghargai
D.    menghina suku lain
E.     tidak ingin bergaul dengan orang yang berbeda ras
6.      sikap terbaik sebagai pengakuan persamaan dan kesatuan antarwarga sekolah adalah...
A.    bekerja sama dengan teman yang akrab
B.     membantunya jika sangat di perlukan
C.     bekerja sama dalam hal tertentu
D.    bergaul tanpa membedakan kedudukannya
E.     mementingkan diri sendiri
7.      Negara berasal dari kata state yang artinya...
A.    bersama-sama
B.     menyatu
C.     menyimpan
D.    menetapkan
E.     memisahkan
8.      wilayah laut suatu negara mempunyai lebar 200 mil laut bebas dinamakan...
A.    zona ekonomi eklusif (zee)
B.     zona bersebelahan
C.     landasan benua
D.    landasan kontinen
E.     ZEE
9.      Berikut ini yang termaksud sifat-sifat negara yaitu negara bersifat...
A.    Mengatur
B.     Mengikat
C.    Memaksa
D.    Oligopoli
E.     Sewenang-wenang
10.  Kepala daerah diberikan kekuasaan untuk mengurus rumah tangga daerahnya sendiri adalah pengertian dari sistem...
A.    Sentralisasi
B.     Ekstralisasi
C.    Intralisasi
D.    Desentralisasi
E.     delegasi
11.  berikut ini merupakan contoh negara yang berbentuk negara kesatuan adalah...
A.    india, korea, belanda
B.     jepang, belanda, indonesia
C.     malaysia, jerman, australia
D.    malaysia, indonesia, italia
E.     korea, belanda, inggris
12.  kepala negara mempunyai hak veto,yaitu pembatalan keputusan yang diajukan oleh parlemen merupakan salah satu ciri dari bentuk negara...
A.    kerajaan
B.     republik
C.     kesatuan
D.    serikat
E.     repulik
13.  berikut ini yang termaksud contoh negara ysng berbentuk serikat yaitu...
A.    india, korea, belanda
B.     jepang, belanda, indonesia
C.     indonesia, malysia, belanda
D.    indonesia, malysia, italia
E.     australia, jerman, malysia
14.  berikut ini unsur unsur terbentuk negara yaitu unsur...
A.    persuatif
B.     instutif
C.    konstitutif
D.    relatif
E.     distributif
15.  negara yaitu kumpulan manusia atau organisasi yang berada dibawah suatu pemerintahan sama adalah pengertian negara menurut....
A.    R. Djokosoentono
B.     Aristoteles
C.    George jelinek
D.    George hegel
E.     wilhelm
16.  Konversi chicago yang menghasilkan kesepakatan tentang wilayah suatu negara dilaksanakan...
A.    1965
B.     1944
C.     1933
D.    1945
E.     1950
17.  Batas wilayah suatu negara yang bis ditentukan sesuai dengan letak geografis yang melalui garis bujur dan garis lintang merupakan pengertian dari batas...
A.    Secara sosiologi
B.     Buatan
C.     Alamiah
D.    Teliti
E.     Organisasi kekuasan dengan suatu pertahanan otonomi
18.  Staat-gemenschaap merupakan istilah dari negara diartikan sebagai...
A.    Masyarakat
B.     Organisasi kekuasaan dengan suatu pemerintahan otonom
C.     Organisasi kekuasaan suatu pemerintahan pust
D.    Pengatur
E.     pemimpin
19.  Asal mulanya terjdi negara berdasarkan perose pertumbhsn bisa digolongkan menjadi 2 proses...
A.    Sekunder dan tersier
B.     Langsung dan tidak langsung
C.    Primer dan sekunder
D.    Faktual dan erorat
E.     hangat
20.  suatu cara mengetahui asal mula terjadinya negara melalui sejarah lahirnya negara terseut adalah pengertian asal mula terjadinya suatu negaa secara merupakan hak warga negara dalam aspek...
A.    de facto
B.     fakttual
C.     teotris
D.    de jure
E.     nyata
21.  berikut ini yang tidak termaksuk bentuk kenegaraan yaitu...
A.    uni
B.     kerajaan
C.     mandat
D.    kampung
E.     dominan
22.  konsep yang mempunyai anggapan bahwa laut merupakan milik masyarakat dunia, sehingga tidak bisa dimiliki oleh setiap negara adala pengertian dari....
A.    Res monopoli
B.     Resnullis
C.    Res communis
D.    Res oligpfoli
E.     komunis
23.  1 mil= ....
A.    1852 meter
B.     1789 meter
C.     1833 meter
D.    2165 meter
E.     1000 meter
24.  Teori mengenai konsep wilayah udara yang dikenal saat ini yaitu....
A.    Teori negara bersatu diudara dari teori bebas
B.     Teori udara bebas dan negara berdaulat diudara
C.     Teori udara terikat dan teori udara bebas
D.    Teori negara berdaulat diudara dan teori udara terikat
E.     Teori udara bebas terikat
25.  Segala peraturan perundang undang yang berlaku yaitu untuk semua orang tanpa kecuali adalah...
A.    Monopoli
B.     Mencakup semua
C.     Mengatur
D.    Memaksa
E.     Kesadaran hukum
26.  Suatu negara yang berada dibawah lindungan negara yang kuat adalaah pengertian dari bentuk kenegaraan...
A.    Uni
B.     Koloni
C.     Trustee
D.    Protektorat
E.     republik
27.  istilah nasionalisme kewarganegaraan dinamakan juga nasionalisme....
A.    etnis
B.     romantik
C.     organic
D.    sipil
E.     federal
28.  “negara ibarat suatu pekakas yang diciptakan oleh manusia untuk melahirkan kesejahteraan umum”. Uraian tersebut merupakan pendapat..
A.    Has keisen
B.     Hugo de groot
C.     Plato
D.    J.j rousseau
E.     william
29.  zona ekonomi eksklusif mempunyai lebar...mil ke laut bebas
A.    230
B.     200
C.     134
D.    100
E.     90
30.  Berikut ini yang tidak termasuk sifat kedaulatan negara yaitu...
A.    Tertingi
B.     Asli
C.     Tidak dapat dibagi-bagi
D.    Bisa dibagi bagi
E.     Hakiki
31.  Tokohh teori perdamaian dunia yang terkenal yaitu...
A.    Jhon lock
B.     Danate alighien
C.     Ariestoteles
D.    Hans khon
E.     Jhon
32.  Bestuur yaitu fungsi...
A.    Ketertiban
B.     Mengadili
C.    Menyelenggarakan pemerintah
D.    Membuat peraturan
E.     menerima
33.  fungsi negara terdiri dari fungsi eksekutif, legislatif, dan yudikatif, merupakan pendapat...
A.    g.a jacobsen
B.     R.M.Maclever
C.     Jhon lock
D.    Montesquietu
E.     Wiliam
34.  Pada awalnya, negara nasional dipimpin oleh raja yang absolut dengan sistem pemerintahan tersentralisasikan, hal tersebut merupakan pengertian dari...
A.    Suku
B.     Negara demokrasi
C.     Kerajaan
D.    Negara nasional
E.     Bukan penduduk
35.  Jumlah negara dibagian As yang bergabung menjadi satu negara serikat berjumlah...
A.    20 negara
B.     60 negara
C.    50 negara
D.    40 negara
E.     30 negara
36.  Berdasarkan jumlah orang yang memerintahkan dalam suatu negara, bentuk negara terbagi menjadi...
A.    Poligarki, oligarki, dan monarki
B.     Monarki, demokrasi, anarki
C.    Oligarki, monarki, demokrasi
D.    Oligarki, monarki, dan anarki
E.     Anarki dan kedaulatan
37.  Tujuan negara RI ada dalam....
A.    UUD 1945 alinea ke IV
B.     UUD 1945 alinea ke I
C.     UUD 1945 alinea ke II
D.    UUD 1945 alinea ke III
E.     TAP MPR NO. VII / MPR / 2001
38.  Tokoh yang mendukung teori ketuhanan yaitu...
A.    Kranenbrug
B.     Leon duguid
C.     Kharmax
D.    Jhon lock
E.     wiliam
39.  anexatie mempunyai makna...
A.    proklamasi
B.     penyerahan
C.    pencaplokan/penguasaan
D.    pembentukan baru
E.     pelaksanakan
40.  orang-orang yang secara sah berdasarkan hukum menempati suatu negara dinamakan...
A.    penduduk
B.     bukan warga negara
C.    warga negara
D.    negara asing
E.     negara
41.  penduduk yaitu semua orang yang pada suatu waktu mendiami wilayah negara, mmerupakan pengertia penduduk secara...
A.    harfiah
B.     sosiologis
C.     kamus besar bahasa indonesia
D.    etimologoi
E.     bahasa
42.  nasionallisme terdiri dari kata “nasional” dan “isme” yang mempunyai makna....
A.    sikap egois
B.     sikap atau rasa cinta kepada tamah air
C.     sfat kepahlawanan
D.    sikap acuh tak acuh
E.     berwibawa
43.  monorki bersumber dari bahasa yunani(monos dan archenis” kata monos yaitu
A.    campuran
B.     ganda
C.    tunggal
D.    berkehendak
E.     jamak
44.  patriotisme berasa; dari kata “patriot”dan “isme’’ yang artinya sifat
A.    kepahlawanan
B.     acuh tak acuh
C.     tenggang rasa
D.    membela diri
E.     rela berkorban
45.  laut yang mempunyai lebar 12 mil apabila diukur dari pulau terluar merupakan pengertian dari...
A.    landasan benua
B.     landasan konteniten
C.    laut teritorial
D.    ZEE
46.  Pasal 31 UUD Negara republik indonesia adalah tentang...
A.    Pembelaan negara
B.     Pendidikan
C.     Berkumpul
D.    Kebudayaan
E.     Penghidupan yang layak

47.  Fungsi negara yang terutama berkaitan langsung untuk mewujudkan tujuan NKRI “melinduungi segenap bangsa indonesia dan tumpah darah indonesia:’adalah..
A.    Pertahanan
B.     Kebebasan
C.     Keadilan
D.    Kesejahteraan
E.     kemakmuran
48.  penciptaan kestabilan negara dan ekonomi bangsa “ merupakan salah satu strategi dalam menghadapi acaman dibidang politik pada lingkup...
A.    internal
B.     eksternal
C.     regional
D.    supra regional
E.     strategi pendekatan kedalam
F.      mewajibkan siswa untuk menjalankan piket kelas
49.  akibat yang fatal dan mengkhawatirkan bangsa kita karena sukanya budaya asing adalah...
A.    bergesernya tata nilai budaya bangsa
B.     menjaga keutuhan wilayah NKRI
C.     hilangna nilai moral masyarakat
D.    rasa persaudaraan semakin berkurang
E.     menipisnya rasa persatuan dan kesatuan
50.  dalam pasal 30 ayat 2 UUD 1945 disebutkan bahwa rakyat sebagai kekuatan pendukung dalam sistem hankmarta. Ini berati upaya pertahanan dan keamanan negara bersifat...
A.    semesta
B.     menyeluruh
C.     nasional
D.    satukesatuan
E.     kewilayaha


































SOAL ESAI
1.      Tuliskan minimal 3 contoh persatuan dan kesatuan di rumah!
2.      Tuliskan minimal 3 contoh persatuan dan kesatuan di sekolah!
3.      Tuliskan minimal 3 contoh persatuan dan kesatuan di masyarakat!
4.      Mengapa kita harus bersatu dalam kehidupan sehari-hari?
5.      Bagaimana cara kita sebagai bangsa indonesia dalam melakukan pertahanan dari ancaman perpecahan dan memperkokoh NKRI dari dalam maupun luar bangsa?
6.      Bersatu kita...., ..... kita runtuh.
7.      Apa makna dari “bhennika tunggal ika”?
8.      Jelaskan makna integrasi nasional!
9.      Sebutkan 3 faktor pendorong integrasi nasional?
10.  Apa saja faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa?
11.  Sebutkan bentuk-bentuk kenegaraan?
12.  Jelaskan pengertian negara kesatuan?
13.  Tokoh yang berpendapat bahwa manusia adalah zoon politicon?
14.  Sebutkan fungsi dari negara?
15.  Sebutkan dua cara dari sikap patriotisme yang dapat diwujudkan dalam semangat semangat cinta tanah air?
16.  Sebutkan prinsip-prinsip dalam menjaga keutuhan NKRI?
17.  Jelaskan apa yang dimaksud hakikat menurut plato?
18.  Apa makna sumpah pemuda dalam kesatuan negara?
19.  Sebutkan tokoh tokoh yang berpendapat tentang hakikat bangsa?
20.  Jelaskan hakikat mengenai hakikat negara bersifat memaksa!
21.  Bagaimana tindakan seseorang dalam menghadapi perbedaan yang ada di indonesia agar tetap menjaga keutuhan NKRI?
22.  Sebutkan faktor-faktor penghambat persatuan dan kesatuan bangsa indonesia!
23.  Siapa saja yang mengajarkan aliran negara yang menyatakan bahwa negara terdiri atas teori perseorangan(individualisme)
24.  Menurut yamin, bangsa indonesia dalam merintis terbentuknya suatu bangsa dalampenanggung politik internasional yaitu suatu bangsa yang moderen yang memiliki kemerdekaan dan kebebasan, berlangsung melalui 3 fase, sebutkan tiga fase tersebut!
25.  Indonesia mendirikan suatu negara memiliki suatu karakteristik, ciri khas tertentu yangkarena ditentukan oleh keanekaragaman, sifat dan karakternya, maka bangsa ini mendirikan suatu negara berdasakan filsafat pancasila, yaitu suatu negara persatuan, suatu negara kebangsaan serta negara yang bersifat integralistik. Hal itu di cantumkan dalam?





JAWABAN ESAI
1.      - Bergotong royong bersama anggota keluarga membersihkan lingkungan rumah.
-  Membantu ibu menyiapkan makanan dan memcuci piring.
-  Menghormati orang tua juga selalu bertutur kata yang sopan.
2.      -  Menghormati ibu/bapak guru.
-  Mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi.
-  Menjaga kerukunan teman sekelas.
3.      - Ikut dalam kerja bakti, untuk menjaga kebersihan atau membangun tempat ibadah.
- Membina kerukunan dengan warga serta saling menghargai juga menghormati.
- Menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang smpah sembarangan.
4.      Karena persatuan itu akan menguatkan kita menjadi warga, bangsa, negara yang hebat dan besar.
5.      Dengan cara terus menjadi persatuan dan kesatuan antar seluruh warga negara.
6.      Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.
7.      Makna Bhineka Tunggal Ika dalam Persatuan Indonesia Sebagaimana dijelaskan dimuka bahwa walaupun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa yang memiliki kebudayaan dan adat-istiadat yang beraneka ragam namun keseluruhannya merupakan suatu persatuan.
8.      Integrasi artinya menyatupadukan, mempersatukan, dan meggabungkan. Integrasi nasional bermakna sebagai penyatuan berbagai macam kelompok sosial juga budaya kedalam satu kesatuan wilayah yang membentuk suatu identitas nasional.
9.        rasa senasib-seperjuangan
  pemaknaan ideologi nasional dan keinginan untuk bersatu.
10.  Integrasi nasional penting untuk diwujudkan dalam kehidupan masyarakat indonesia dikarenakan indonesia merupakan negara yang masih berkembang atau dapat dikatakan negara yang masih mencari jati diri.  selain itu,
11.  Bentuk negara diantaranya: mandat, protektorat, koloni, perwalian, dominion, dan uni.
12.   Negara kesatuan yaitu bentuk negara yang merdeka dan berdaulat dengan satu pemerintah pusat yang berkuasa dalam mengatur satu daerah.
13.  ariestoteles
14.  melaksanakan ketertiban dan keamanan, mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya, mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum.
15.  Sikap rela berkorban mempertahankan negara dan bersikap untuk mengisi kelangsungan hidup negara.
16.  Bhennika tunggal ika,nasionalisme, kebebasan  yang bertanggung jawab, wawasan nusantara.
17.  Suatu tubuh yang senantiasa maju, berevolusi, dan terdiri dari orang-orang individu
18.  Menjadi awal bagi tumbuhnya kesadaran untuk hidup berbangsa dan bernegara dan menjadikan bahasa indonesia sebagai bahasa pemersatu.
19.  Ernest renant, yaitu hans khono, otto bauer.
20.  Artinyanegara mempunyai kekuatan fisik secara legal, semua pengakuan ddari negara lain, sedangkan unsur konstitutif terdiri dari wilayah, rakyat, dan pemerintah.
21.  Memberi kesempatan kepada pemeluk agama lain untuk beribadah, menjalanni kegiatan kemasyarakatan bersama dengan pemeluk agama lain, tidak mengganggu pemeluk agama lain yang sedang beribadah.
22.  Keberagaman masyarakat indonesia
Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan ribuan pulau
Ketidakpuasan terhadap ketimpangan ekonomi dan tidak meratanya pembangunan ekonomi.
23.  Thomas hobbes,jhon lock.J.J.rousschau,haebert spencer, harold J.Laski
24.  Yaitu zaman kebangsaan sriwijaya, negara kebangsaan majaapahit
25.  Pembukan undang-undang dasar 1945 alinea IV











Post a Comment

1 Comments

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    ReplyDelete