PORTOFOLIO
JARINGAN
PADA KOMPUTER
MATA PELAJARAN
TIK SEMESTER I
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah yang telah melimpahkan taufik
dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini.
Dalam penulisan makalah ini, penulis menyadari masih banyak terdapat
kesalahan dan kekurangan. Untuk itu penulis menerima kritik dan saran yang
membangun, sehingga kesalahan yang sekarang dapat dijadikan tolak ukur
pembelajaran. Akhir kata, kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang
telah membantu hingga terbentuknya makalah ini.Semoga makalah ini dapat
bermanfaat dan menjadi penunjang kegiatan belajar.
Baturaja, Februari 2015
Penulis,
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL...................................................................................... i
KATA
PENGANTAR .................................................................................. ii
DAFTAR ISI ................................................................................................. iii
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah ............................................................................ 1
B.
Rumusan
Masalah ...................................................................................... 1
C.
Tujuan ........................................................................................................ 1
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Sejarah
Perkembangan Hardware .............................................................. 2
B.
Pengertian
Hardware ................................................................................. 4
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
................................................................................................ 10
DAFTAR
PUSTAKA ................................................................................... 11
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Ilmu informatika sebetulnya sama
usianya dengan kehidupan manusia, mengapa demikian karena pada dasarnya manusia
dalam kehidupan sehari-harinya tidak bisa terlepas dari prinsip-prinsip Informasi,
baik langsung maupun tidak langsung. Baik di sadarai ataupun tidak disadari.
Ilmu komputer ilmiah timbul pada sekitar awal abad ke 20 di benua Eropa barat
dan Amerika. Dimana di negara-negara tersebut sedang dilanda revolusi yang
dikenal dengan nama revolusi industri. Yaitu perubahan-berubahan dalam
pengelolaan produksi yang efektif dan efisien. Hal ini dikarenakan masyarakat
sudah semakin maju dan kebutuhan manusia sudah semakin banyak dan beragama
sejenisnya.
Komputer diperlukan dalam segala bidang.
Bentuk dan organisasi serta tipe kegiatan. Dimana orang-orang saling bekerja
sama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.
Dalam makalah ini, kami akan
membahas mengenai perkembangan dan pengertian hardware komputer serta berbagai
perangkat keras dalam komputer.
B. Rumusan
Masalah
1.
Bagaimanakah perkembangan hardware?
2.
Apa pengertian dari hardware?
C. Tujuan
1.
Untuk mengetahui bagaimanakah
perkembangan hardware.
2.
Untuk mengetahui pengertian dari
hardware.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Sejarah Perkembangan Hardware
1. Definisi
Komputer
Menurut (Hermansyah: 2012) Istilah
komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah
komputer (computer) diambil dari
bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).
Charles Babbage adalah seorang ahli
matematika bangsa inggris. Beliau menciptakan suatu mesin hitung yang disebut difference engine pada tahun 1822. Mesin
tersebut dipakai untuk menghitung tabel-tabel matematika. Pada tahun 1833,
Charles Babbage mengembangkan lagi difference
engine yang dinamakan analytical engine yang dapat melaksanakan kalkulasi
apa saja. Sehingga mesin ini dikenal sebagai General Purpose Digital Computer. Beliau pun dianggap sebagai bapak
komputer modern karena sumbangan terhadap dunia sangat besar.
Pada tahun 1937, Prof Howard Aikem,
seorang ahli matematika dari universitas Harvard. Beliau merancang penbuatan
sebuah komputer yang mampu melakukan operasi aritmatika dan logika secara
otomatis. Pada tahun 1944, Prof Howard Aikem bekerjasama dengan perusahaan IBM
menyelesaikan kompute secara elektronik yang diberi nama”Harvard MARK I,
Automatic Sequence Controlle Calculator (ASCC).
2. Sistem
Komputer
Supaya komputer dapat digunakan
untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan
sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling
berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari
sistem tersebut. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk
menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri
dari perangkat keras (hardware),
perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah
peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi
perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia
yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem
komputer. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan
dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan
berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga
tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
3. Perkembangan Hardware Komputer
a. Vacuum Tube
Generasi 1 : pada tahun 1946-1956, generasi
ini mengandalkan ruang tabung hampa (vacuum tube). Komputer ini membutuhkan
ruangan yang luas, berkemampuan rendah dan terkenal dengan daya panasnya.
Ukuran penyimpanannya hanya sekitar ± 2000 byte dan untuk menjalankan program
dan pencetakan masih dilakukan secara manual.
b. Hardware
Genersi
2
Generasi 2 : pada tahun 1957-1963.
Transistor menggantikan kedudukan vacuum tube dalam menyimpan dan melakukan
proses informasi. Transistor bentuknya lebih kecil, tidak begitu panas dan
mengkomsusikan sedikit tenaga. Ukuran penyimpanan berkapasistas sebesar 32 kb
dengan kecepatan 20.000-30.000 perintah per detik.
c. Hardware
Generasi 3
Generasi 3 : pada tahun 1964-1975.
Itergrated circuit (IC) sudah mulai digunakan pada komputer. Ukuran penyimpanan
berkapasitas 2 megabyte dengan kecepatan ± 5 juta perdetik. Generasi ini pula
yang memperkenalkan teknologi software yang mudah digunakan.
d. Komputer
1980
Generasi 4 : pada tahun
1980-sekarang. Komputer telah menggunakan teknologi Very Large-Scale Integrated Circuits (VLSIC). Dalam sebuah chip,
teknologi ini mampu menampung jutaan circuit. Chip ini dinamakan dengan
microprocessor. Ukuran penyimpanan mempunyai kapasitas yang besar dengan
kecepatan jutaan perintah perdetik.
B. Pengertian
Hardware
Menurut (Vicky: 2011) hardware atau
dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah
satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba
secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung
proses komputerisasi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan
perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan
dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti
oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai
kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. Secara fisik, Komputer
terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah
komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila
salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya
proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk
dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya,
perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1.
input divice (unit masukan)
2.
Process device (unit Pemrosesan)
3.
Output device (unit keluaran)
4.
Backing Storage ( unit penyimpanan)
5.
Periferal ( unit tambahan)
Komponen dasar pada komputer terdiri
dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard
dan mouse, Process device adalah microprocessor
(ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device
terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari
harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri
dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen
tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya.
Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
1) Unit Masukan
( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media
untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk
diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer
(PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah
unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat
joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan
komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang
nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user
dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke
dalam komputer. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk
signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan
ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang
digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain
digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
1. Peratalan
input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat
pemroses. Contohnya : keyboard, mouse,
touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
2. Peralatan
input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input
diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched
card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari
beberapa macam peranti yaitu :
a) Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang
paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat
berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi
user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan,
seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal
dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham
pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan
Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada
tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International
Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.
Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port
serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard ada 3 yaitu
qwerty, dvorak, klockenber. Dibawah ini adalah contoh gambar keyboard qwerty.
b) Mouse
Mouse adalah salah unit masukan
(input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor
secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding
dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi
telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai
input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan
pergeseran atau pergerakannya.
c) Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat
kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari.
Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad
adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d) Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik
yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor).
Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang
kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal
elektronik setiap baris per detik.
e) Mikropon dan
Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk
merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau
untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun
dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan
mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk
menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
2)
Process device (unit Pemrosesan)
a)
Power Supplay
Lower
supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU
power supplay mengkonversi listrik
dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas
kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk
pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika
komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal (unit tambahan).
b)
RAM (Random Access Memory) – Memory
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut
dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat
keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory
bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor
dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
c)
Motherboard
Motherboard atau Papan
induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling
terhubung, motherboard biasa
disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard
inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan
perangkat keras lain dihubungkan. Motherboard yang banyak ditemui dipasaran
saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar
dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
d)
Prosessor
Pengertian Prosesor, atau yang
biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah
komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer
untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan
menjalankan sistem operasi.
3) Output
device ( Unit keluaran )
a) Monitor
Monitor komputer adalah salah satu
jenis soft-copy device, karena
keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang
tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data
ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti
layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat
resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar
yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah
sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai
dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat)
b) Printer
Printer merupakan sebuah perangkat
keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan
baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang
sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix,
printer Ink jet, dan printer Laser jet.
c) Speaker
Sepaker di sini pengertiannya sama
dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal
elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang
berbentuk selaput.
4) Backing
Storage ( unit penyimpanan)
a)
Harddisk (HDD)
Harddisk bisa juga
disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk adalah sebuah
salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan
data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis. Harddisk pertama
kali diciptakan oleh salah satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Johnson pada
tahun 1956. Harddisk yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama
kali terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatan
putaran mencapai 1.200 rpm (rotation per
minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.
Data yang disimpan dalam harddisk
tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk,
biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data
yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya harddisk
ukuran fiskiknya menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung
data yang sangat besar. Harddisk saat juga tidak hanya dapat terpasang di dalam
perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal)
dengan menggunakan kabel USB ataupun kabel lain yang mendukung.
5) Periferal
(unit tambahan)
Contoh perangkat keras komputer yang
termasuk dalam unit tambahan atau periferal antara lain
a) Modem
Pengertian Modulator adalah suatu
rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan”
data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier
signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui
media tertentu (seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang
sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari
komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog.
b) Kartu Suara
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan
untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah
sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat
wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
a.
Sound Card Onboard yaitu sound card
yang menempel langsung pada motherboard komputer.
b.
Sound Card Offboard yaitu sound card
yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah
menggunakan PC.
c.
Soundcard External adalah sound card
yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB
atau FireWire
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan berbagai uraian mengenai
perkembangan hardware diatas, maka dapat disimpulkan bahwa:
1.
Perkembangan hardware di dunia
meliputi 4 generasi, yaitu generasi 1dengan vacuum tube, generasi 2 dengan
transistor, generasi 3 dengan Itergrated circuit (IC), dan generasi 4 dengan
komputer seperti sekarang ini.
2.
Hardware atau dalam bahasa
indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu
komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba
secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung
proses komputerisasi.
3.
Berdasarkan fungsinya, perangkat
keras komputer dibagi menjadi : input divice (unit masukan), process device
(unit pemrosesan), output device (unit keluaran), backing storage unit penyimpanan), dan Periferal (unit
tambahan).
DAFTAR PUSTAKA
Vicky. 2011. “Belajar Komputer Mu” (online), http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-hardware-perangkat-keras-komputer/.
_____.2010. ”Sejarah Hardware Komputer”(online),
Hermansyah, Ferry. 2012. “Sejarah Perangkat Keras atau
Hardware”(online), http://teknologi-mu.blogspot.com/2012/09/Sejarah-perangkat-keras-harware-komputer.html.
0 Comments