Jumat, 08 April 2016

Makalah Peranan Penting Bursa Efek dalam Perekonomian



MAKALAH
PERANAN PENTING BURSA EFEK
DALAM PEREKONOMIAN
Disusun Oleh :
Oleh : Kelompok 5

Tahun Pelajaran 2015/2016
 

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT berkat rahmat dan karunia-Nyalah kami dapat menyelesaikan makalah Ekonomi yang berjudul “Peranan Penting Bursa Efek dalam Perekonomian”.
Tugas makalah ini berisi tentang pengertian bursa efek, instrumen bursa efek yang terdiri dari saham,obligasi, obligasi konversi, right, waran (warrant), peraturan perdagangan dalam bursa efek serta peranan penting bursa efek dalam ekonomi
Kami sangat menyadari makalah ini jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun kami harapkan demi tercapainya makalah yang lebih sempurna dan semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.......................................................................................... i
KATA PENGANTAR........................................................................................ ii
DAFTAR ISI....................................................................................................... iii
BAB I   PENDAHULUAN
a.       Latar Belakang.................................................................................... 1
b.      Rumusan masalah................................................................................ 2
c.       Tujuan.................................................................................................. 2
d.      Manfaat............................................................................................... 2
BAB II  PEMBAHASAN
A.     Pengertian Bursa Efek........................................................................ 3
B.     Instrumen Bursa Efek.......................................................................... 3
C.     Peranan dan Kewajiban Bursa Efek ................................................... 4
D.    Fungsi Bursa Efek............................................................................... 6
BAB III  PENUTUP
A.    Simpulan............................................................................................... 8
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 9
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
            Bursa efek adalah pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem atau saran untuk mempertemukan penawaran jual dan beli efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan efek diantara mereka. Di bursa efek instrumen ada instrumen yang diperdagangkan diantara nya saham, obligasi,obligasi konversi, right, waran ( warrant ).
            Bursa efek sebenarnya sama dengan pasar-pasar lainya,yaitu tempat bertemunya penjual dan pembeli.Bedanya di bursa efek memperdagangkan efek-efek( surat berharga) di indonesia ada 2 bursa efek yaitu bursa efek jakarta(BEJ) dan bursa efek surabaya(BES).
            BES dan BEJ masing-masing dijalankan oleh PT.bursa efek Jakarta dan bursa efek surabaya yang sahamnya dimiliki oleh para pialang ( broker ) anggota bursa efek bersangkutan yang telah memperoleh izin usaha sebagai prantara pedagang efek.
            Adapun peranan bursa efek dalam ekonomi yaitu : untuk menyediakan semua sarana perdaganggan efek, membuat peraturan yang berkaitan dengan kegiatan bursa, mengupayakan likuiditas instrumen, mencegah praktik-praktik yang dilarang di bursa seperti kolusi, pembentukan harga yang tidak wajar, dan               insider trading, menyebarluaskan informasi bursa, menciptakan instrumen dan jasa baru.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan bursa efek ?
2.      Apa saja instrumen-instrumen dalam bursa efek?
3.      Apa saja fungsi bursa efek?
4.      Bagaimana peranan dan kewajiban bursa efek dalam perekonomian ?

C.    Tujuan
1.      Untuk memenuhi tugas kelompok  mata pelajaran Ekonomi.
2.      Untuk mngetahui pengertian dari bursa efek, peran penting bursa efek dalam perekonomian, fungsi bursa efek,dan instrumen bursa efek.

D.    Manfaat
            Penyusun mengharapkan agar pembaca dapat mengetahui pengertian, peranan bursa efek dalam ekonomi, instrumen bursa efek serta peraturan perdaganggan dalam bursa efek
 
BAB I
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Bursa Efek
            Menurut Leila dan Kartiwulan (2006 : 122) istilah efek adalah “surat-surat berharga jangka panjang. Sedangkan Bursa adalah tempat melakukan transaksi surat-surat” .
            Bursa efek adalah pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem atau saran untuk mempertemukan penawaran jual dan beli efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan efek diantara mereka. Bursa efek sebenarnya sama dengan pasar-pasar lainya,yaitu tempat bertemunya penjual dan pembeli.

B.     Instrumen Bursa Efek
            Menurut Agus ( 2009:73) di bursa efek, instrumen yang diperdagangkan diantaranya sebagai berikut:
a.         Saham
       Saham adalah tanda penyertaan atau pemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan.Dibursa efek,saham merupakanefek yang paling banyak diperjual belikan. Ada dua jenis saham,yaitu saham biasa(common stock) dan saham preferen (preperred stock).
b.         Obligasi
       Obligasi adalah surat berharga atau sertifikat yang berisi kontak antaraPemberi pinjaman (pemodal) dan yang diberi pinjaman(emiten)
c.         Obligasi konversi
       Obligasi konversi sekilas tidak berbeda dengan obligasi biasa, seperti memberikan kupon yg tetap,memiliki jatuh tempo,dan memiliki nilai pari.Yang membedakanya obligasi ialah konversi dapat ditukar dengan saham biasa.
d.        Rigth
       Bukti rigth merupakan hak bagi pemodal dalam membeli saham baru yg dikeluarkan emiten.
e.         Waran (warrant)
       Waran adalah hak untuk membeli saham biasa pada waktu dan harga yang sudah di tentukan. Biasanya waran dijual bersamaan dengan surat berharga lain, seperti saham atau obligasi.

C.    Fungsi Bursa efek
            Dalam Viva Pakarindo (2006:47) Ditinjau secara makro ekonomi bursa efek mempunyai fungsi sebagai berikut :
a.     Fungsi Tabungan(Saving Function)
     Investasi dapat dilakukan dengan membeli surat-surat berharga yg diperdagangkan di pasar modal. Dengan inverstasi di pasar modal,selain lebih mudah dan mengurangi resiko dari perubahan ekonomi, dana tersebut dapat digunakan untuk mempeerbanyak jasa dan produk suatu perekonomian yg dapat mempertinggi standar hidup masyarakat.
b.    Fungsi Kekayaan (Wealth Function)
     Pembelian surat-surat berharga di pasar modalmerupakan salah satu cara untuk menyimpan kekayaan dalam jangka pendek maupun jagka panjang. Surat-surat berharga seperti obligasi,saham,deposito,dan surat berharga lainnya tidak mengalami depresiasi.
c.     Fungsi Likuiditas (LiquidityFunction)
     Kekayaan yg disimpan dalam surat-surat berharga bisa di likuidasi melalui pasar modal dengat resiko yg sangat minimal dibandingkan dengan aktiva lain.

D.    Kewajiban Bursa Efek
            Bursa Efek juga memiliki beberapa kewajiban yang harus dipenuhi sebagai pihak yang menyelengarakan saranan perdagangan efek,yaitu;
a.       Menyerahkan laporan kegiatanya kepada Bapepam;
b.      Menetapkan peraturan mengenai keanggotaanya,pencatatan,perdagangan, kesepadanan efek,kliring,dan penyelesaian transaksibursa, dan hal-hal lain yg berkaitan dengan kegiatan bursa;
c.       Memiliki satuan pemeriksaan;
E.     Peranan Bursa Efek
            Menurut Agus (2009 : 73) dalam kegiatan dipasar modal, bursa efek memiliki beberapa peran diantaranya, yaitu :
a.       Menyediakan semua saranan perdagangan efek;
b.      Membuat peraturan yang berkaitan dengan kegiatan bursa;
c.       Mengupayakan likuiditasi instumen;
d.      Mancegah praktik yang dilarang di bursa seperti kolusi, pembentukan harga yang tidak wajar, dan insider trading, menyebarluaskan informasi bursa, menciptakan instrumen dan jasa baru.
e.       Bursa efek merupakan wahana pengalokasian dana secara efisien
f.       Bursa efek sebagai alternatif investasi.
g.      Bursa efek memungkinkan para investor untuk memiliki perusahaan yang sehat dan berprospek baik.
h.      Pelaksanaan manajemen perusahaan secara profesional dan transparan.
i.        Peningkatan aktivitas ekonomi nasional.

            Jadi bursa efek berperan penting dalam perekonomian yaitu sebagai penyediaan semua saranan perdagangan efek,membuat peraturan yg berkaitan dengan kegiatan bursa efek,pengupayaan likuiditasi instumen, mencegah praktik yg dilarang di bursa efek seperti kolusi,pembentukan harga yg tidak wajar, dan insidder trading menyebarluaskan info bursa, dan menciptakan instrumen dan jasa baru.
            Maksud dari “Mancegah praktik yang dilarang di bursa seperti kolusi, pembentukan harga yang tidak wajar, dan insider trading, menyebarluaskan informasi bursa, menciptakan instrumen dan jasa baru” yaitu adanya kewaspadaan kepada untuk para pengguna dan menjauhi larangan-larangan yang dapat menyebabkan seperti salah satunya kolusi.
            Pasar modal adalah wahana untuk mempertemukan pihak-pihak yang memerlukan dana jangka panjang dengan pihak yg memiliki dana tersebut.
Efek yang diperdagangkan dipasar modal dapat berupa:
a.       Surat pengakuan utang.
b.      Surat berharga komersial berupa saham,obligasi,
c.       sekuritas,derivatif,tanda bukti hutang,dan sekuritas kredit.Atau setiap instrumen apapun yg ditetapkan bapepamsebagai efek.
           
            Untuk mewujudkan terciptanya kegiatan bursa efek yg teratur,wajar dan efisien,serta melindungi kepentingan pemodal dan masyarakat, pemerintah membentuk badan pengawas pasar modal (bapepam) guna melakukan pembinaan ,pengaturan, dan pengawasan kegiatan dipasar modal.

BAB III
PENUTUP

A.    Simpulan
            Bursa efek merupakan modal yang menyediakan modal cair dalam jangka pendek dan jangka panjang. Dalam bursa jenis ini yang diperdagangkan adalah surat-surat berharga jangka panjang berupa saham, surat hipotik gedung dan rumah ,obligasi, dan portofolio. Surat-surat berharga jangka panjang ini biasa disebut dengan istilah efek,sehingga bursa tempat melakukan transaksi surat-surat ini disebut bursa efek.
             Bursa efek sebenarnya sama dengan pasar-pasar lainya,yaitu tempat bertemunya penjual dan pembeli.Bedanya di bursa efek memperdagangkan efek-efek( surat berharga) di indonesia ada 2 bursa efek yaitu bursa efek jakarta (BEJ) dan bursa efek surabaya (BES).
            Peranan bursa efek dalam ekonomi yaitu : untuk menyediakan semua sarana perdaganggan efek, membuat peraturan yang berkaitan dengan kegiatan bursa, mengupayakan likuiditas instrumen, mencegah praktik-praktik yang dilarang di bursa seperti kolusi, pembentukan harga yang tidak wajar, dan insider trading, menyebarluaskan informasi bursa, menciptakan instrumen dan jasa baru.
            Adapun juga bagian dari bursa efek yaitu instrumen bursa efek , Instrumen Bursa Efek terdiri dari saham,obligasi, obligasi konversi, right, waran (warrant).
 
DAFTAR PUSTAKA

Mahfudz, Agus. 2009. Ekonomi 2. Cakra Media. Jakarta.

Novita, Leila. Kartiwulan. 2006. Belajar Efektif Ekonomi: Intimedia Cipta Nusantara.Jakarta.

Pakarindo.Viva. 2006. Lks Ekonomi XI semester 1. Jakarta.